Ini Kata Erick Thohir Soal Kenaikan Tarif Listrik Bagi Golongan Mampu

  • Share
Ini Kata Erick Thohir Soal Kenaikan Tarif Listrik Bagi Golongan Mampu

Radartarakan.co.id – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan bahwa pemerintah berencana untuk menaikkan tarif listrik bagi pelanggan golongan mampu di atas 3.000 VA. Kata dia, sekarang bukan era memberikan subsidi bagi yang mampu.

“Sekarang bukan eranya lagi mensubsidi rakyat yang mampu, karena itu mungkin listrik pun ke depan yang di atas 3.000 VA bisa saja ada kebijakan tidak lagi disubsidi,” ungkap dia dalam Rapat Kerja bersama Komisi VI DPR RI, Selasa (7/6).

Sementara itu, pemerintah akan tetap memberikan perhatian kepada kondisi masyarakat yang tidak mampu dengan mensubsidi listrik. Ini merupakan bentuk kehadiran pemerintah ditengah rakyat.

Adapun, pada 2022 pemerintah menetapkan tambahan subsidi listrik sebesar Rp 3,1 triliun dari sebelumnya Rp 56,5 triliun menjadi Rp 59,6 triliun. Pemerintah juga menambah kompensasi listrik sebesar Rp 21,4 triliun.

Rencana penyesuaian tarif tahun ini merupakan langkah dari strategi jangka pendek sektor ketenagalistrikan untuk menghadapi kenaikan harga minyak dunia. Dengan ini, diproyeksikan akan menghemat biaya sebesar Rp 7 hingg Rp 16 triliun.

Untuk diketahui juga bahwa penyesuaian tarif itu untuk mempertahankan kelangsungan pengusahaan penyediaan tenaga listrik, peningkatan mutu pelayanan kepada konsumen.

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Saifan Zaking



#Ini #Kata #Erick #Thohir #Soal #Kenaikan #Tarif #Listrik #Bagi #Golongan #Mampu

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.