Indonesia Punya Kontribusi Wujudkan ASEAN Jadi Kawasan Damai

  • Share
Indonesia Punya Kontribusi Wujudkan ASEAN Jadi Kawasan Damai

Radartarakan.co.id – Presiden Indonesia Jokowi Widodo diagendakan akan melakukan kunjungan ke tiga negara Asia Timur, yakni Tiongkok, Jepang dan Korea Selatan. Kunjungan orang nomor satu Indonesia ini untuk membahas kerja sama ekonomi, khususnya bidang perdagangan dan investasi dan juga kontribusi Indonesia wujudkan ASEAN kawasan damai, stabil dan makmur.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi, dalam jumpa pers, Kamis (21/7) kemarin, mengumumkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengunjungi Tiongkok pada 26 Juli, Jepang pada 27 Juli, dan Korea Selatan pada 28 Juli.

Merespons hal itu, pengamat Hubungan Internasional, Dinna Prapto Raharja mengatakan, Presiden Jokowi memiliki tanggungjawab besar dan menjamin Kongres Tingkat Tinggi (KTT) G20 berjalan lancar, dan juga memastikan kerja sama ekonomi yang kemudian memberikan jaringan pengaman bagi negara-negara berkembang yang sedang menghadapi krisis ekonomi dan krisis pangan akibat dari ketidakpastian politik global.

“Presiden Joko Widodo punya tanggungjawab besar di tahun ini dan tahun depan, padahal situasinya memprihatinkan. Tahun ini masih ada tanggung jawab menjamin KTT G20 berjalan lancar dan konstruktif. Syukur-syukur ada kesepakatan kerjasama ekonomi yang memberi jaring pengaman bagi negara-negara berkembang melaju melalui ketidakpastian politik global, misalnya terkait pasokan pangan, energi, obat-obatan,” kata Dinna Prapto saat dihubungi, Jumat (22/7).

Dinna yang juga merupakan Pendiri lembaga Synergy Policies juga menuturkan, jika melihat pertemuan Menlu Retno dengan para menlu negara lain, tampaknya tidak ada kepastian kerjasama. Sementara ancaman krisis ekonomi akibat perang dan ketegangan antara Rusia dan negara-negara barat belum dipastikan ujungnya, hingga Presiden Jokowi harus mengambil langkah cepat dengan membangun kerjasama ekonomi dengan tiga negara kuat di Asia ini.

“Kalau dilihat pertemuan para menteri luar negeri G20, belum ada nada-nada untuk kerjasama tersebut muncul; sepertinya justru semua harus bersiap melalui masa-masa resesi sampai akhirnya negara-negara Barat dan Rusia punya kesepakatan menghentikan perang,” ucapnya.



#Indonesia #Punya #Kontribusi #Wujudkan #ASEAN #Jadi #Kawasan #Damai

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *