Indonesia Masih Lebih Baik di Tengah Ancaman Resesi Global

  • Share
Indonesia Masih Lebih Baik di Tengah Ancaman Resesi Global

Radartarakan.co.id – Perang antara Rusia dan Ukraina sangat berpengaruh pada ekonomi beberapa negara di dunia, dan mampu membuat negara-negara mengalami resesi ekonomi, bahkan terancam kolaps. Namun, ancaman resesi itu diyakini tak dialami oleh Indonesia karena keuangan negara dan perekonomian Indonesia masih terjaga dengan baik.

Salah satu negara yang terkena dampaknya adalah Sri Lanka yang saat ini diketahui menjadi negara bangkrut usai gagal bangkit dari krisis ekonomi yang semakin memburuk sejak awal 2022 lalu.

Direktur Eksekutif Core Indonesia Mohammad Faisal mengatakan, ancaman resesi ekonomi ini sangat berpeluang dialami oleh semua negara di dunia, termasuk Indonesia. Oleh karena itu, pemerintah harus tetap waspada dengan ancaman resesi ekonomi dibeberapa negara, termasuk di Srilanka.

Meski demikian, dalam kondisi ini, ekonomi Indonesia disebut masih lebih baik dibanding negara lain. Menurut laporan Bank Dunia bertajuk Global Economic Prospects periode Juni 2022, ekonomi Indonesia masih diproyeksi tumbuh 5,1 persen.

Bahkan, Bank Dunia memprediksi ekonomi Indonesia semakin bergeliat sampai 2024. Lembaga internasional itu memproyeksi ekonomi RI tembus 5,3 persen pada 2023 dan 2024.

“Kalau melihat indikator makro saat ini, itu masih relatif resilien jika dibandingkan dengan negara yang lain, apalagi kalau dibandingkan dengan negara yang sedang kritis sekarang seperti Srilanka,” kata Mohammad Faisal saat dihubungi, Kamis (14/7).



#Indonesia #Masih #Lebih #Baik #Tengah #Ancaman #Resesi #Global

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.