ICW Keberatan Penunjukkan TNI-Polri Aktif Sebagai Pj Kepala Daerah

  • Share
ICW Keberatan Penunjukkan TNI-Polri Aktif Sebagai Pj Kepala Daerah

Radartarakan.co.id – Indonesia Corruption Watch (ICW) melayangkan surat keberatan kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Rabu (8/6). Surat keberatan tersebut merupakan tindak lanjut atas diabaikannya permintaan informasi mengenai dokumen aturan teknis dan proses pengisian posisi Penjabat Kepala Daerah yang dikirimkan ICW 17 Mei 2022 lalu.

Surat keberatan dilayangkan, karena setelah selama 10 hari kerja pihak PPID Kementerian Dalam Negeri RI tidak memberikan tanggapan kepada ICW sebagai pemohon informasi, mengenai dokumen peraturan teknis dan dokumen pengangkatan dalam proses seleksi Penjabat Kepala Daerah. Hal ini penting dibuka untuk mengetahui rekam jejak, menghindari potensi konflik kepentingan, serta bagaimana mekanisme penjaringan dan penentuan calon Penjabat Kepala Daerah dilakukan.

“Informasi yang ICW mohonkan krusial untuk dibuka guna menjamin terselenggaranya pemerintahan demokratis berdasarkan hukum,” kata Kepala Divisi Korupsi Politik ICW, Egi Primayogha dalam keterangannya, Rabu (8/6).

Hingga saat ini, kata Egi, sudah ada 35 Penjabat Kepala daerah yang dilantik sebagai Penjabat Gubernur/Bupati/Walikota. Beberapa di antaranya justru ditunjuk sebagai Penjabat saat menduduki jabatan aktif lainnya, salah satunya adalah seorang perwira tinggi TNI yang masih aktif, yakni Brigjen Andi Chandra As’Aduddin yang ditunjuk sebagai Penjabat Bupati Seram Bagian Barat.

Penunjukan penjabat Kepala Daerah yang memiliki rangkap jabatan tentunya semakin menunjukan bahwa keseluruhan proses pengisian penjabat Kepala Daerah berpotensi memiliki konflik kepentingan.

“Kami menilai bahwa pengangkatan penjabat Kepala Daerah tidak hanya berpotensi menghadirkan konflik kepentingan, tapi juga melanggar asas profesionalitas, yang mana keduanya merupakan bagian tak terpisahkan dari Asas-Asas Umum Pemerintahan yang Baik (AUPB),” beber Egi.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Muhammad Ridwan



#ICW #Keberatan #Penunjukkan #TNIPolri #Aktif #Sebagai #Kepala #Daerah

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.