Indeks

HUT ke-73, Dedikasi Jawa Pos Sudah Teruji

  • Share
Jawapos TV

SELAMAT atas hari ulang tahun ke-73 Jawa Pos. Semoga makin luas daya jangkau dan fungsinya sebagai media pencerdas bangsa. Jawa Pos telah lama berkiprah menjadi media massa yang populer, merakyat, dan tetap menjalankan fungsi utamanya sebagai kekuatan pemberi checks and balances dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Kami berharap Jawa Pos makin terpanggil untuk menyuarakan aspirasi masyarakat luas dalam memperoleh informasi, pengetahuan, dan liputan yang benar, transparan, objektif, dan mencerahkan khususnya seputar kehidupan kebangsaan dan kenegaraan. Ketika suara rakyat yang direpresentasikan oleh para wakil rakyat di parlemen maupun di eksekutif mengalami penyumbatan, keterbatasan, kesenjangan, dan tidak berjalan sebagaimana mestinya maka media massa seperti Jawa Pos harus tampil menjadi penyambung aspirasi dan kegelisahan rakyat.

Media massa menjadi oase dan kanal antara masyarakat dan negara yang boleh jadi relasinya tidak selalu berjalan normal dan baik, bahkan sebaliknya mengalami bias dan pennyalahgunaan. Jawa Pos niscaya terpanggil menjadi penyambung lidah rakyat.

Selain itu, Jawa Pos bersama seluruh kekuatan civil society atau komponen bangsa dituntut perannya dalam mengedukasi masyarakat untuk memiliki kesadaran literasi, kesadaran moral dan keadaban, merekat persatuan, dan mengembangkan etos kemajuan di tengah dinamika persaingan dengan bangsa-bangsa lain yang telah maju di segala bidang kehidupan. Indonesia harus menjadi negara berkemajuan serta tidak boleh berada di zona aman dan nyaman karena dalam sejumlah hal tertinggal dari negara tetangga.

Kami juga berharap Jawa Pos menjadi media perekat persatuan bangsa. Ketika kehidupan kebangsaan dihadapkan pada pembelahan akibat kontestasi politik yang terlalu kental dengan perbedaan ideologis dan politik identitas yang sempit, maka Jawa Pos diharapkan menjadi media pemersatu. Informasi dan sajian-sajian berita maupun lainnya niscaya berisi pesan dan narasi yang mendamaikan, menyatukan, dan mencerahkan.

Edukasi masyarakat dan dunia media sosial agar memiliki etika, moral, dan keadaban publik sebagai pilar kesatuan dan kemajuan bangsa. Insya Allah Jawa Pos akan tetap berada di hati masyarakat karena kehadirannya memberi kemanfaatan yang luhur dan mencerahkan akal budi. Jawa Pos juga penting mengajak elite bangsa menjadi para pemimpin negarawan yang luhur dan lurus sikap hidupnya dengan menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas diri, kroni, dan golongann sendiri demi kemajuan Indonesia.

HAEDAR NASHIR, Ketua Umum PP Muhammadiyah

UCAPAN DARI PARA TOKOH

“Terima kasih dedikasi yang sudah teruji selama 73 tahun Jawa Pos berkarya untuk masyarakat bangsa dan negara. Selamat dan sukses selalu.”

KHOFIFAH INDAR PARAWANSAGubernur Jawa Timur

“73 tahun sudah Jawa Pos memberikan informasi yang edukatif dan mencerdaskan. Pasti warga bangsa akan selalu menunggu pemberitaan-pemberitaan yang menyemangati dan membikin percaya diri. Selamat ulang tahun.’’

GANJAR PRANOWOGubernur Jawa Tengah

’’Selamat ulang tahun ke-73 untuk koran Jawa Pos. Sebuah usia yang cukup panjang bagi sebuah koran. Dan Jawa Pos terus adaptif, terus berkembang, terus inovatif, menghadapi perkembangan dan perubahan zaman. Semoga koran Jawa Pos akan terus berkarya menghasilkan informasi yang objektif, memegang erat prinsip jurnalistik.’’

ANIES BASWEDANGubernur DKI Jakarta

“Selamat ulang tahun untuk Jawa Pos yang ke-73. Semoga kehadirannya tetap turut membantu, tidak hanya memberikan informasi, tapi juga bisa mencerdaskan masyarakat. Baik dalam sisi politik, demokratisasi, maupun aktivitas sosial. Selamat.’’

SRI SULTAN HAMENGKU BUWONO XGubernur DIJ

“Jawa Pos dalam umur 73 tahun. Umur membawa serta pengalaman. Pengalaman membawa serta kearifan. Tapi, dalam masa yang penuh disrupsi ini, bukan usia yang penting, melainkan kreativitas.”

GOENAWAN MOHAMADBudayawan

“Tanggal 1 Juli 1949 berdiri, Jawa Pos terus berkontribusi dalam mewarnai pembangunan negeri. Selamat HUT Ke-73 Jawa Pos. Terus hadir dengan kesegaran baru serta tetap kritis, objektif, konstruktif, dan inspiratif.”

YAQUT CHOLIL QOUMASMenteri Agama

“Syafakillah Jawa Pos yang ke-73. Dengan bertambahnya umur, saya berharap Jawa Pos bisa memberikan berita yang faktual dan aktual yang mendidik warga dan Pemerintah Kota Surabaya untuk menjadi lebih baik lagi. Saya yakin tujuan Jawa Pos dan Pemkot Surabaya adalah sama, yakni membahagiakan warga Kota Surabaya.”

ERI CAHYADIWali Kota Surabaya

“Saya mengucapkan selamat ulang tahun ke-73 untuk Jawa Pos. Sesuai tagline Selalu Ada Yang Baru, Jawa Pos selalu memberikan informasi yang baru, menampilkan ide yang baru, gagasan yang baru, ulasan yang baru, serta inovasi yang baru.”

AHMAD MUHDLOR ALIBupati Sidoarjo

“Selamat ulang tahun untuk Jawa Pos yang ke-73. Semoga selalu menjadi media yang memberikan edukasi dan optimisme. Karena itulah yang diperlukan di tengah-tengah karut-marut pandemi seperti ini.’’

GIBRAN RAKABUMING RAKAWali Kota Solo

“Untuk keluarga besar Jawa Pos, saya atas nama pribadi dan Pemkot Semarang mengucapkan selamat ulang tahun ke-73. Usia yang sangat matang untuk ukuran perusahaan media, yang menunjukkan Jawa Pos mampu menghadapi tantangan zaman dengan baik. Tetap eksis dan berkembang.”

HENDRAR PRIHADIWali Kota Semarang

“Selamat ulang tahun yang ke-73 untuk Jawa Pos. Saya berharap Jawa Pos terus menyuguhkan berita-berita yang berkualitas, mencerdaskan, dan mencerahkan bangsa. Sekali lagi, saya ucapkan selamat berulang tahun. Semoga Jawa Pos semakin berjaya dan bermanfaat untuk umat.”

ABDUL MUHAIMIN ISKANDARKetua Umum PKB dan Wakil Ketua DPR RI

“Tema kesegaran baru yang diusung kali ini tentu menjadi spirit universal untuk membuat perubahan. Hal itu sejalan dengan semangat Gresik Baru yang juga membuat perubahan. Saya berharap sinergi terus bisa berjalan baik, saling mengawal. Jawa Pos 73 tahun, kesegaran baru untuk Gresik Baru.”

FANDI AKHMAD YANIBupati Gresik

“Saya melihat pilihan berita Jawa Pos, headline Jawa Pos, dan berita utama Jawa Pos menjadi isu utama di republik ini, isu utama di Surabaya, sehingga menambah wawasan kita semua. Saya menyukai berita tentang human interest yang mendampingi berita utama Jawa Pos.”

ADI SUTARWIJONOKetua DPRD Kota Surabaya

“Selamat Ulang Tahun Ke-73 Jawa Pos. Semoga terus menjadi referensi informasi yang inspiratif dan memperkuat optimisme. Terus berkarya, semakin kreatif, dan inovatif. Salam semangat dan sukses untuk Jawa Pos.”

IPUK FIESTIANDANIBupati Banyuwangi

Selamat HUT ke-73 Koran Jawa Pos. Di usianya yang sudah cukup matang Koran Jawa Pos terus hadir menyajikan berita yang akurat, berimbang, mencerdaskan dan terdepan. Semoga Koran Jawa Pos terus jaya.

ZAINUT TAUHID SA’ADI, Wakil Menteri Agama

Perjalanan panjang bagi Jawa Pos adalah perjalanan kredibilitas kerja jurnalistik yang terbukti mumpuni dan dipertahankan sampai saat ini. Kerja itu terbukti membawa Jawa Pos menjadi media besar dan tentu saja memberikan warna dalam dinamika tumbuh kembangnya masyarakat dan demokrasi di negeri yang kita cintai ini. Selamat atas dedikasi ke 76 tahun Jawa Pos. Harapan besar kami Jawa Pos tetap melilh jalan penerang bagi segala informasi dan kritis dalam berbagai dinamika perubahan.

M. CHOIRUL ANAM, Komisioner Komnas HAM

“Di usia yang ke 73 tahun, Jawa Pos telah membuktikan mampu menjawab tantangan jaman sebagai garda terdepan penyampai informasi kepada publik dengan cerdas, bernas dan berimbang. Di tengah arus informasi yang kian deras di era digitalisasi, Jawa Pos telah mampu mengukuhkan diri sebagai penyampai fakta yang dapat dipertanggungjawabkan dalam membentuk opini publik, agent of change, sekaligus konsisten menjalankan peran sebagai ‘jurnalisme penjaga’ demokrasi. Selamat ulang tahun Jawa Pos”

SHINTA WIDJAJA KAMDANI, Koordinator Ketua Umum III Kadin Indonesia, CEO Sintesa Group, dan Chair of B20 Indonesia 2022

 



#HUT #ke73 #Dedikasi #Jawa #Pos #Sudah #Teruji

Sumber : www.jawapos.com

  • Share
Exit mobile version