Haji dan Berkurban Simbol dari Keikhlasan

  • Share
Haji dan Berkurban Simbol dari Keikhlasan

Radartarakan.co.id – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan ucapan selamat merayakan Idul Adha untuk seluruh jemaah haji dan seluruh umat Islam yang ada di Indonesia.

““Selamat merayakan Idul Adha. Mari kita semua merayakan dengan gembira dan kita melaksanakan kurban sebagaimana tuntunan Nabi Ibrahim kepada kita semua,” kata Gus Yaqut dalam keterangannya, Minggu (10/7).

Menurut Gus Yaqut, berhaji maupun kurban adalah simbolisasi dari keiklasan. Keiklasan kita sebagai manusia di hadapan Allah SWT.

“Kurban itu simbolisasi keiklasan kita, jiwa-jiwa besar kita kepada bangsa dan negara. Semoga saudara-saudara kita yang mampu bisa melaksanakan kurban sebagai simbolisasi jiwa besar yang kita butuhkan bagi negeri dan bangsa kita ini,” ujar Yaqut.

Sementara khusus bagi jemaah haji yang kemarin usai menjalankan ibadah wukuf dan hari ini mulai melakukan lempar jumrah, Gus Yaqut berpesan seluruh jemaah tetap menjaga kesehatan. “Pertama, jemaah harus jaga stamina, jangan lakukan kegiatan yang tidak diperlukan,” ujarnya.

Selain itu, jemaah juga diminta tetap mengikuti arahan petugas dan pembimbing haji. Dia menyarankan para jemaah haji tidak mengambil inisiatif sendiri.

“Jangan ambil inisiatif-inisiatif sendiri. Ikuti saja. Karena di Mina ini puncak kebutuhan fisik, jemaah sangat membutuhkan kekuatan fisik. Saya harap jemaah tetap jaga stamina dan ikuti pembimbing ibadah,” pungkas Yaqut.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Muhammad Ridwan



#Haji #dan #Berkurban #Simbol #dari #Keikhlasan

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *