Ganjar Pastikan Penanganan Rob Terus Jalan: Logistik untuk Warga Aman

  • Share
Ganjar Pastikan Penanganan Rob Terus Jalan: Logistik untuk Warga Aman

Radartarakan.co.id – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meninjau beberapa titik yang tergenang rob di Kota Semarang, Selasa (24/5). Saat ini penanganan terus berjalan.

Dinas Sosial Jateng dan BPBD Jateng juga memastikan logistik untuk warga terdampak rob di Semarang dan wilayah Pantai Utara (Pantura) aman.

Berdasar data Dinsos Jateng, terdapat 22 ribu warga terdampak banjir rob di Kota Semarang dan Kabupaten Demak. Kepala Dinsos Jateng Harso Susilo memastikan logistik untuk warga terdampak banjir ini aman.

“Tidak hanya makanan, tapi ada selimut, ada pampers. Kita dorong itu juga,” kata Harso di sela-sela meninjau dapur umum di Puskesmas Sayung 1 Kabupaten Demak, Selasa (24/5).

Pihaknya juga menyiapkan peralatan mandiri serta peralatan dapur untuk warga terdampak. Logistik ini akan mencukupi kebutuhan warga hingga lima hari ke depan. Dinsos pun telah mengantisipasi kurangnya logistik dengan mengoptimalkan bantuan dari Kemensos.

Bahkan selain logistik tersebut, dinsos juga menyediakan konsumsi nasi bungkus untuk warga terdampak, dilakukan tiga kali sehari. Untuk siang ini 1.200 nasi bungkus disalurkan kepada korban terdampak banjir di Sayung, Demak. “Warga terdampak banyak. Sini (Demak) 10 ribu, Kota Semarang 12 ribu orang,” sebut dia.

Pantauan di lokasi, tim pembagi logistik menyusuri Desa Sriwulan, Demak untuk membagikan nasi bungkus kepada warga yang memilih bertahan di rumah untuk menjaga barangnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meninjau lokasi terdampak rob di Kampung Ujung Laut, Kelurahan Bandarharjo, Kota Semarang, Selasa. Ganjar menjelaskan, selain sumber luberan pada tanggul jebol, penanganan rob tinggi di kawasan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang juga dilakukan pada titik-titik lain yang berpotensi terjadi luberan air pasang.

“Iya kalau jangka pendek beberapa tanggul yang kemarin ramai di publik itu jebol kita cari. Karena sebenarnya kalau menutup itu jauh lebih cepat,” kata Ganjar.

Khusus penanganan di Kampung Ujung Laut itu, Ganjar meminta agar membuat tanggul di antara PT Janata Marina Indah dengan PT Optima Sinergi Comvestama. Sebab, di tempat itu terdapat titik luapan air laut.

“Ini ketemu masyarakat, ketemu teman saya, dia tahu di daerah sini ternyata kemarin coba kita tutup jebolnya di sana, agak panjang. Tapi kalau kita lihat titiknya ternyata di sini lebih dekat. tanahnya sudah ada, ini tinggal dikeruk. Maka saya minta dikerjakan karena hari ini kemungkinan akan naik lagi. Kalau ini bisa kita cegah hari ini Insyaallah di sana bisa terkendali,” papar Ganjar.

Petugas BPBD dan tim SAR menyalurkan bantuan untuk korban banjir. (ISTIMEWA)

Ganjar juga melihat kondisi tembok penahan atau tanggul yang jebol di kawasan PT Pinnacle Apparels. Ganjar bersama rombongan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS), Dinas PSDA, dan Pelindo menuju lokasi menggunakan kapal karet milik Basarnas. Kemudian berlanjut menuju dermaga Tambaklorok.

Ganjar meminta kepada pihak-pihak terkait untuk menyiapkan instrument pemantau. Ini guna melakukan pemantauan dan pengawasan jika ada titik-titik tanggul yang jebol.

“Harus ada sistem instrumen untuk kita memantau, mengetahui titik-titik yang kemarin bocor. Apakah jebol apa karena limpasan. Sehingga masyarakat bisa kita kasih early warning atau peringatan dini kepada masyarakat dengan harapan masyarakat siaga,” katanya.

Pemantauan tersebut juga untuk mengetahui titik-titik kebocoran air pasang di sepanjang wilayah Pantura. Ganjar berharap ada gambar dari udara sehingga diketahui koordinat titik yang mengalami kebocoran.

“Dalam kondisi emergency kita musti show off. Peralatan, manusia, dan sumber dayanya digerakkan sejak tadi malam. Terima kasih kawan-kawan di kabupaten dan kota dengan provinsi semua bekerja sama termasuk dari masyarakat yang membantu,” ungkap Ganjar.

Sementara untuk penanganan jangka panjang juga sudah dilakukan. Misalnya di Pekalongan ada tanggul laut yang masih berjalan. Lalu di sekitar Semarang-Demak ada tol yang sedang dikerjakan termasuk sebagai penahan rob. (bay/ria)



#Ganjar #Pastikan #Penanganan #Rob #Terus #Jalan #Logistik #untuk #Warga #Aman

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *