Ganjar-Luhut Sepakat Tunda Rencana Kenaikan Tiket Naik Candi Borobudur

  • Share
Ganjar-Luhut Sepakat Tunda Rencana Kenaikan Tiket Naik Candi Borobudur

Radartarakan.co.id–Usul Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk menunda kenaikan tiket naik Candi Borobudur Rp 750.000, diterima Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan. Sebelumnya, rencana kenaikan tiket atau tarif naik Candi Borobudur tersebut memantik reaksi dari berbagai kalangan. Mulai legislator, pegiat budaya dan pariwisata, hingga tokoh agama Buddha.

Ganjar menyampaikan usul kepada Menko Marves Luhut untuk menunda rencana tersebut. Menurut dia, penetapan tarif naik ke stupa Candi Borobudur perlu dikaji lagi bersama Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur dan Balai Konservasi Borobudur.

”Saya sampaikan kepada beliau, ini banyak yang protes. Menurut saya, ini (rencana kenaikan tariff) diendapkan dan beliau setuju. Ini soal tarif jangan dibicarakan dulu, di-postpone dulu. Dan memang TWC (Taman Wisata Candi) sama balai sedang komunikasi. Maka masyarakat tidak perlu resah. Itu penting untuk disampaikan,” kata Ganjar usai bertemu dengan Luhut di Rumah Dinas Puri Gedeh, Kota Semarang, Selasa (7/6).

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo usulkan tunda kenaikan tiket naik ke Candi Borobudur. (Istimewa)

Hingga saat ini, penataan di kawasan Candi Borobudur masih terus dilakukan. Momen ini bisa digunakan untuk membuat skema-skema terbaik, mengatur wisatawan yang hendak naik ke candi. Baik dengan pembatasan kuota maupun dengan instrumen lain, misal salah satunya melalui penentuan tarif atau tiket masuk.

”Tadi Pak Menteri (Luhut) sudah menyampaikan, Pak Gub itu kita postpone dulu, biar tidak terjadi cerita yang ke mana-mana,” ungkap Ganjar.

Sebagai informasi, beberapa waktu lalu Luhut menyampaikan rencana tiket naik Candi Borobudur yang dipatok Rp 750.000 untuk wisatawan lokal dan USD 100 untuk wisatawan mancanegara. Salah satu alasannya adalah untuk membatasi kuota pengunjung yang naik ke stupa candi, demi menjaga dan melestarikan Candi Borobudur.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : ARM



#GanjarLuhut #Sepakat #Tunda #Rencana #Kenaikan #Tiket #Naik #Candi #Borobudur

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.