Ganjar Lecut Semangat Peserta Jambore Penyuluh Antikorupsi: Ayo Berani

  • Share
Ganjar Lecut Semangat Peserta Jambore Penyuluh Antikorupsi: Ayo Berani

Radartarakan.co.id – Jambore Nasional Komunitas Penyuluh Anti Korupsi Seluruh Indonesia Ahli Pembangunan Integritas (Kompaksi Api) 2022 digelar di Desa Wisata Kandri, Semarang, Jumat (20/5). Sebanyak 140-an penyuluh antikorupsi dari berbagai daerah dan latar belakang bertemu untuk saling sharing pengalaman dan ilmu.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang hadir dalam pembukaan jambore itu merasa kagum karena ternyata para penyuluh ini memiliki latar belakang yang beragam. Termasuk dari ibu rumah tangga maupun guru.

Dia berharap para penyuluh ini bisa sharing pengalaman. Mulai metode, bagaimana membuat konten hingga kelompok sasaran penyuluhan.

“Ini bagus. Tadi dari KPK juga memberikan arahan kepada kita agar satu melalui sistem pendidikan yang ada, tidak harus dengan kurikulum khusus, tapi insepsi ke mata pelajaran yang ada,” tutur Ganjar.

Menurut gubernur, ada banyak cara untuk menerapkan nilai antikorupsi di kehidupan. Sehingga kerja KPK dalam menjalankan enam pokok tugasnya, akan lebih mudah dengan bantuan masyarakat dari sisi pencegahan.

“Nah kita butuh budaya baru, butuh budaya bersih, membangun integritas dan itu bisa dilakukan dengan spirit bersama,” papar Ganjar.

Dalam kesempatan itu, Ganjar pun mengajak perwakilan penyuluh untuk berdialog langsung. Rupanya Ganjar ingin tahu lebih dalam, bagaimana penyuluh memetakan sasaran penyuluhannya. Gubernur pun juga mendorong agar penyuluh lebih berani, meski harus memberikan penyuluhan kepada pejabat atau pimpinan.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyapa peserta  Jambore Nasional Komunitas Penyuluh Anti Korupsi Seluruh Indonesia Ahli Pembangunan Integritas (Kompaksi Api) 2022  yang digelar di Desa Wisata Kandri, Semarang, Jumat (20/5). (Istimewa)

Penyuluh asal Sulawesi Selatan mendapat apresiasi dari Ganjar karena lantang menyebut sasaran penyuluhan pertamanya adalah anggota legislatif.

“Maaf kawan-kawan ini pengakuan dari bawah jadi jangan marah, kita terbuka untuk memperbaiki diri,” kata Ganjar menanggapi.

Ganjar kemudian bercerita pengalamannya di Jawa Tengah terkait hal tersebut. Di awal masa jabatannya sebagai gubernur, Ganjar dikenalkan dengan sejumlah istilah pengganti uang pelicin.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : ARM



#Ganjar #Lecut #Semangat #Peserta #Jambore #Penyuluh #Antikorupsi #Ayo #Berani

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.