Ganjar Genjot Investasi SDM Lewat SMKN Jateng, Upaya Atasi Kemiskinan

  • Share
Ganjar Genjot Investasi SDM Lewat SMKN Jateng, Upaya Atasi Kemiskinan

Radartarakan.co.id – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menegaskan pentingnya investasi sumber daya manusia (SDM) dalam konteks penanggulangan kemiskinan. Pendirian SMKN Jateng merupakan salah satu langkah jangka panjang dalam pengentasan kemiskinan di Jateng.

Hal itu diungkapkan Ganjar saat mengunjungi SMKN Jawa Tengah di Purbalingga sekaligus melihat aktivitas belajar dan vaksinasi siswa, Senin (25/7). Menurutnya, dalam konteks penanggulangan kemiskinan, investasi SDM memang tidak murah dan tak mudah.

“Tapi, investasi SDM ini mempunyai nilai tinggi karena mereka akan sangat kompetitif,” kata Ganjar.

Salah satu upaya Ganjar dalam menyiapkan SDM unggul dan kompetitif ini yakni dengan pendirian SMKN Jateng. Keberadaan SMKN Jateng ini, kata dia, adalah juga menjadi langkah jangka panjang dalam pengentasan kemiskinan di Jawa Tengah.

Sebab, SMKN Jateng dikhususkan untuk anak-anak dari keluarga kurang mampu agar mendapatkan pendidikan bagus dan berkualitas. Setiap siswa tidak ditarik biaya. Bahkan, semua kebutuhan hidup selama belajar di SMKN Jateng sudah ditanggung.

“Saya selalu tanya kepada anak-anak, mereka tinggal di mana, orang tuanya kerja apa. Tadi penjual cilok. Pedagang, terus sopir, ada juga yang maaf sudah yatim dan yatim piatu,” ucap Ganjar.

Lebih lanjut diungkapkan sang gubernur, sebenarnya pihaknya ingin memberikan lebih banyak akses kepada anak-anak agar bisa mendapatkan sekolah yang baik dan tak berbayar. “Tapi, syaratnya memang harus dari keluarga yang tidak mampu. Jadi mohon maaf yang lain pernah titip, saya katakan tidak, silakan ambil sekolah lain. Khusus SMK Jateng ini kita harapkan bisa memberikan akses itu,” jelas Ganjar.

Setelah memberikan akses, lanjut Ganjar, maka yang menjadi fokus berikutnya adalah meningkatkan kualitas dan kedisiplinan siswa. Untuk itu, di setiap SMKN Jateng selalu ditekankan beberapa hal yaitu skill, knowledge, dan attitude sehingga dapat membentuk karakter anak. Harapannya ketika lulus, setiap anak memiliki karakter dan disiplin yang kuat sehingga mampu berkompetisi.



#Ganjar #Genjot #Investasi #SDM #Lewat #SMKN #Jateng #Upaya #Atasi #Kemiskinan

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.