Gandeng Prancis, Indonesia akan Produksi Radar GCI di Dalam Negeri

  • Share
Gandeng Prancis, Indonesia akan Produksi Radar GCI di Dalam Negeri

Radartarakan.co.id – Kementerian Pertahanan (Kemenhan) terus berupaya meningkatkan kualitas alutsiswa TNI. Perusaan BUMN, PT Len Industri (Persero) bekerja sama dengan perusahaan Prancis, Thales akan memproduksi Radar Ground Controlled Interception (GCI).

Kerja sama penting dengan Thales ini ditandatangani pada 17 Mei 2022 di Prancis oleh Direktur Utama Len, Bobby Rasyidin dan SVP Latin America & Asia of Thales International SAS, Guy Bonassi.

Wamenhan, M. Herindra mengatakan bahwa kerja sama antara Len dan Thales untuk pembuatan 13 unit Radar GCI. Melalui langkah ini diharapkan TNI menjadi pelopor dalam pembelian dan pemanfaatan produk dalam negeri.

“Len dan Thales baru saja melakukan penandatanganan kerja sama pemenuhan 13 Radar GCI untuk Kementerian Pertahanan RI. Semoga proses produksi segera berjalan dan lancar. Ini adalah buah kerja keras kita bersama,” ujar Herindra.

Sementara itu, Bobby mengatakan, selain penandatanganan produksi bersama Radar GCI, PT Len Industri dan Thales juga menyepakati dimulainya aktivitas pendefinisian concrete action untuk merealisasikan Head of Agreement (HoA) dari Strategic Partnership antara Len-Thales di tujuh area potensial.

“Kerja sama ini sangat positif bagi peningkatan kemampuan industri pertahanan dalam negeri kita,” kata Bobby.

Dalam dunia kemiliteran, Radar GCI menjadi salah satu alutsista utama. Dengan jangkauannya yang bisa mencapai 450 km, radar tipe ini berperan memberikan pengawalan pada pesawat pencegat maupun pesawat buru sergap dalam menjalankan misinya.

Presiden RI Joko Widodo pada April 2022 lalu mengingatkan bahwa Indonesia perlu segera membangun kemandirian industri pertahanan dalam negeri. Jokowi juga ingin agar kerja sama di bidang internasional juga diperkuat sekaligus berinovasi untuk pengembangan industri pertahanan Indonesia.

“Jadi semuanya ajak, tapi tetap mayoritas kita. Sehingga juga agar pasar kita lebih membesar. Terus berinovasi mencari cara dan mencari terobosan. Baik itu terobosan di bidang SDM, bahan baku, produk, proses bisnis dan operasionalnya,” pungkas Jokowi.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Sabik Aji Taufan



#Gandeng #Prancis #Indonesia #akan #Produksi #Radar #GCI #Dalam #Negeri

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *