DPR RI Sahkan Tiga Calon Anggota DKPP Periode 2022-2027

  • Share
DPR RI Sahkan Tiga Calon Anggota DKPP Periode 2022-2027

Radartarakan.co.id – DPR RI secara resmi mengesahkan tiga nama Calon Anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) periode 2022-2027 dalam rapat paripurna DPR RI ke-25 Masa Persidangan V Tahun Sidang 2021-2022. Ketiga nama tersebut akan dibawa ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk dilantik.

Rapat paripurna ini dipimpin oleh Wakil Ketua DPR RI Lodewijk F Paulus. Pengesahan itu di awali dengan laporan Komisi II DPR RI atas hasil pembahasan keanggotaan DKPP periode 2022-2027 yang dibacakan oleh Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia Tanjung.

“Keputusan rapat pimpinan dan kapoksi yang telah memutuskan tiga orang calon anggota DKPP secara aklamasi disepakati tiga orang anggota DKPP yang diusulkan oleh DPR,” kata Doli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (14/6).

Oleh karena itu, Komisi II DPR meminta Pimpinan DPR RI bisa mengesahkan tiga nama calon anggota DKPP agar segera dilantik oleh Presiden Joko Widodo.

“Kami mohon berkenan rapat paripurna RPR RI ini dapat menetapkan dan menyetujui tiga orang calon anggota DKPP usul DPR tersebut dan berikutnya disampaikan kepada presiden agar dapat ditetapkan sebagai anggota DKPP,” ucap Doli.

Usai pembacaan laporan Komisi II DPR RI, Lodewijk lantas menanyakan persetujuan laporan tersebut kepada anggota dewan yang hadir dalam rapat paripurna. Seraya para anggota dewan menyetujui hasil rapat Komisi II DPR RI.

“Apakah laporan Komisi II DPR RI atas hasil pembahasan keanggotaan DKPP RI periode 2022-2027 tersebut dapat disetujui?,” tanya Lodewijk

“Setuju,” ucap jajaran anggota dewan.

Adapun tiga nama Calon Anggota DKPP usulan DPR RI itu antara lain, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, Ratna Dewi Pettalolo dan Muhammad Tio Aliansyah.

Sebagaimana diketahui, pemilihan calon anggota DKPP yang dilakukan Komisi II DPR RI ini dilakukan untuk mengisi kursi Anggota DKPP periode 2017-2022 yang habis masa jabatannya pada 14 Juni 2022 lalu. Nantinya, Presiden Jokowi akan menunjuk dua nama dari unsur masyarakat untuk kemudian dilantik sebagai Anggota DKPP.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Muhammad Ridwan



#DPR #Sahkan #Tiga #Calon #Anggota #DKPP #Periode

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.