Cuaca Panas Masih Terjadi Sepekan, Ini Daftar Wilayah yang Terdampak

  • Share
alexametrics

Radartarakan.co.id – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca panas di sejumlah wilayah Indonesia masih berlanjut. Berdasarkan hasil pengamatan, suhu maksimum harian pada periode 21 hingga 27 Mei 2022 berkisar antara 33.6 hingga 36.8 derajat celcius.

“Suhu maksimum tertinggi tercatat di Stasiun Klimatologi Aceh Besar pada tanggal 23 Mei sebesar 36.8 derajat celcius serta pada tanggal 24 Mei sebesar 36.6 derajat celcius,” kata Sub Koordinator Prediksi Cuaca BMKG Ida Pramuwardani kepada Radartarakan.co.id, Minggu (29/5).

Ida menuturkan, selama sepekan terakhir beberapa wilayah di Indonesia umumnya masih diguyur hujan, bahkan di beberapa wilayah hujan turun dengan intensitas sedang hingga lebat lebat. Namun, beberapa wilayah lain, seperti Aceh kondisi kelembapan udara cenderung kering, sehingga awan-awan hujan yang terbentuk sangat minim.

“Hal ini menyebabkan radiasi sinar matahari menjadi maksimum yang menyebabkan suhu udara di permukaan menjadi lebih panas utamanya pada siang hari,” jelasnya.

Hasil analisis dinamika atmosfer terkini menunjukkan adanya bibit siklon tropis di Samudra Hindia barat daya Banten serta sirkulasi siklonik di perairan timur Halmahera. Selain itu, aktifnya Madden-Julian Oscillation dan gelombang ekuator seperti gelombang Kelvin dan Rossby ekuatorial juga dapat meningkatkan potensi pembentukan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia untuk periode sepekan ke depan.

“Beberapa wilayah yang berpotensi mengalami suhu udara panas untuk sepekan ke depan yaitu di Sumatera bagian utara dan tengah, di Kalimantan bagian utara dan timur, sebagian wilayah Sulawesi, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua bagian utara,” pungkas Ida.

Editor : Kuswandi

Reporter : Sabik Aji Taufan



#Cuaca #Panas #Masih #Terjadi #Sepekan #Ini #Daftar #Wilayah #yang #Terdampak

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.