Cegah Pelanggaran di Pendaftaran Parpol, Bawaslu Siapkan Tiga Jurus

  • Share
Cegah Pelanggaran di Pendaftaran Parpol, Bawaslu Siapkan Tiga Jurus

Radartarakan.co.id – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Rahmat Bagja mengatakan, lembaganya melakukan tiga upaya pencegahan pelanggaran dan sengketa proses pemilu pada tahapan pendaftaran, verifikasi, dan penetapan partai politik (parpol) Pemilu 2024.

“Hal-hal ini yang telah dan akan kami (Bawaslu) lakukan pada proses pendaftaran, verifikasi, dan penetapan parpol yang merupakan tahapan esensial dalam menentukan peserta pemilu pada Pemilu 2024,” kata Rahmat Bagja di Jakarta Senin, (18/7).

Ketiga pencegahan tersebut yakni, pertama, Bawaslu akan menyusun instrumen pengawasan, pemetaan kerawanan pada tahapan pendaftaran, verifikasi, dan penetapan parpol.

Kedua, lanjut Bagja, mengefektifkan sosialisasi kepada seluruh parpol dan parpol calon peserta pemilu. Ketiga, kata dia, melakukan pengawasan pelaksanaan tahapan pendaftaran, verifikasi dan penetapan parpol.

“Kami harapkan PBB bisa menyiapkan seluruh proses dan dokumen dengan benar tanpa kemudian terdapat masalah,” kata Bagja.

Bagja menjelaskan sering ditemukan masalah dalam tahapan pendaftaran dan verifikasi faktual, salah satunya terkait status pensiun bagi anggota TNI, Polri, dan aparatur sipil negara (ASN) yang didaftarkan menjadi anggota parpol.



#Cegah #Pelanggaran #Pendaftaran #Parpol #Bawaslu #Siapkan #Tiga #Jurus

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.