CBC Sarankan Sri Mulyani Belajar dari AS Soal Penyelamatan Aset BLBI

  • Share
CBC Sarankan Sri Mulyani Belajar dari AS Soal Penyelamatan Aset BLBI

Radartarakan.co.id – Presiden Direktur Center for Banking Crisis (CBC) Achmad Deni Daruri mengkritik penanganan aset BLBI oleh Pemerintah. Karena itu, ia menyarankan menyarankan Menteri Keuangan, Sri Mulyani belajar dari Amerika Serikat (AS) terkait penyelamatan uang negara dari skandal BLBI.

Kepada wartawan di Jakarta, Selasa (5/7), dia menyarankan Sri Mulyani belajar Timothy Geithner, mantan menteri keuangan AS.

Karena, kata Deni, di negeri Paman Sam, tanpa penyitaan aset, recovery asset TARP (BLBI-nya AS) bisa di atas 100 persen. Artinya, uang negara yang berhasil diselamatkan cukup tinggi.

Diketahui, Timothy Geithner adalah presiden Federal Reserve Bank of New York dan kemudian menjadi Menteri Keuangan saat krisis berlanjut dari tahun 2008.

Dia boleh dibilang pakar recovery rate dunia. Geithner mengajari dunia termasuk IMF dengan recovery assets di tengah krisis ekonomi di atas 100 persen. Pada 2018, TARP tidak membebani pembayar pajak di Amerika Serikat seperser pun.

Sebaliknya, Departemen Keuangan AS menerima USD 3 miliar lebih banyak dari USD 439,6 miliar yang dicairkan. Dari jumlah itu, USD 376,4 miliar Dolar telah dilunasi bank, perusahaan otomotif, dan AIG.



#CBC #Sarankan #Sri #Mulyani #Belajar #dari #Soal #Penyelamatan #Aset #BLBI

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.