Brimob Bentuk Satuan Baru di Tiga Wilayah, Dipimpin Brigadir Jenderal

  • Share
alexametrics

Radartarakan.co.id – Setelah naik tingkat dengan dipimpin jenderal bintang tiga atau komisaris jenderal (komjen), Korps Brimob kini membentuk satuan kerja (satker) baru. Satuan itu tersebar di tiga wilayah yang dipimpin oleh jenderal bintang satu alias brigadir jenderal (brigjen).

Pemimpin di satuan tersebut disebut dengan komandan pasukan Brimob (Danpas Brimob). Dengan pembentukan satker tersebut, sebanyak 36 ribu pasukan akan disebar penugasannya di tiga wilayah.

“Masing-masing PASBM (Pasukan Brimob) ada empat resimen. Pemenuhan personel bertahap sampai dengan 2045,” kata Kabagren Korps Brimob Polri Kombes Rudy Harianto saat dikonfirmasi, Selasa (14/6).

Kombes Rudy Harianto menuturkan, setiap satuan pasukan Brimob di wilayah terdapat empat resiman. Masing-masing resimen terdapat 3 ribu anggota.

Masing-masing danpas Brimob bertanggung jawab kepada dankor Brimob Polri. Adapun tugasnya koordinasi dan kerja sama dengan satuan kewilayahan kepolisian daerah dan instansi terkait dalam rangka meningkatkan kinerja organisasi untuk keberhasilan bertugas.

Sedangkan, Pasukan Brimob 1, 2, dan 3 merupakan unsur pelaksana utama yang berada langsung di bawah kendali Kapolri dan kewenangan yang terkait pembinaan, pengerahan, dan penguatan berada pada Komandan Korps Brimob (Dankor Brimob) Polri.

Tugasnya membina dan mengerahkan kekuatan guna menanggulangi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat yang berintensitas tinggi.

Rudy merinci Pasukan Brimob 1 nantinya berkedudukan di bagian Barat Indonesia, tepatnya di Langsa, Aceh Timur. Mereka mencakup penugasan di wilayah Pulau Sumatera.

Pasukan Brimob 2 bertugas di wilayah bagian tengah dan berkedudukan di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim). Penugasan mereka mencakup wilayah Nusa Tenggara, Kalimantan, dan Sulawesi.

Pasukan Brimob 3 bertugas di wilayah timur dan berkedudukan di Distrik Mimika, Papua. Pasukan itu mencakup wilayah Maluku dan Papua.

Total ada 45.108 personel yang tergabung dalam Korps Brimob Polri. Sebanyak 8.081 orang berdinas di Mako Brimob, sementara 37.027 orang lainnya tersebar di 34 Satuan Brimob seluruh Indonesia.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : Sabik Aji Taufan



#Brimob #Bentuk #Satuan #Baru #Tiga #Wilayah #Dipimpin #Brigadir #Jenderal

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.