BPOM Tarik Es Krim Vanila Haagen-Dazs karena Mengandung Pestisida

  • Share
BPOM Tarik Es Krim Vanila Haagen-Dazs karena Mengandung Pestisida

Radartarakan.co.id – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menarik es krim Vanila Haagen-Dazs dari Prancis karena mengandung Etilen Oksida (EtO), dengan kadar melebihi batas yang diizinkan oleh European Union (EU). EtO adalah pestisida untuk membasmi jamur.

Keputusan itu menyusul kebijakan Indonesia Rapid Alert System for Food and Feed (INRASFF) tanggal 8 Juli 2022 dari European Union Rapid Alert System for Food and Feed (EURASFF) tentang ditemukannya Etilen Oksida (EtO), dengan kadar melebihi batas yang diizinkan oleh European Union (EU).

Sebelumnya, pada tanggal 6 Juli 2022, Otoritas di Prancis melalui RappelConso dan pada tanggal 7 Juli 2022, Food Standards Australia New Zealand (FSANZ) menerbitkan informasi publik terkait penarikan secara sukarela Es Krim Rasa Vanila merek Haagen-Dazs oleh produsen, karena mengandung EtO.

Sementara itu pada tanggal 8 Juli 2022, Singapore Food Agency (SFA) memerintahkan importir untuk melakukan penarikan produk tersebut.

Produk yang ditarik adalah Es Krim Rasa Vanila merek Haagen-Dazs kemasan pint dan mini cup. Produk es krim dengan merek yang sama untuk kemasan 100 ml dan 473 ml yang diimpor dari Prancis terdaftar di Badan POM dan beredar di Indonesia.

“Untuk melindungi masyarakat, Badan POM menginstruksikan importir untuk melakukan penarikan dari peredaran terhadap kedua produk Es Krim Rasa Vanila merek Haagen-Dazs tersebut dan memperluas penarikan ke jenis kemasan lainnya, yaitu bulkcan (9,46 L),” kata pernyataan resmi BPOM, Rabu (20/7).

Editor : Dimas Ryandi

Reporter : Marieska Harya Virdhani



#BPOM #Tarik #Krim #Vanila #HaagenDazs #karena #Mengandung #Pestisida

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.