Booster dan Rekayasa Lalu Lintas Jadi Perhatian Kesuksesan Mudik 2022

  • Share
Booster dan Rekayasa Lalu Lintas Jadi Perhatian Kesuksesan Mudik 2022

Radartarakan.co.id – Dua tahun mudik ditiadakan akibat Covid-19, tahun ini akhirnya pemerintah mengizinkan warga melaksanakan tradisi tahunan tersebut. Namun, diingatkan agar mudik dilakukan dengan aman dan sehat.

Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Septriana Tangkary meminta masyarakat agar tetap disiplin protokol kesehatan serta melakukan vaksinasi lengkap dan booster.

“Pusat vaksin booster kini dapat diakses di berbagai tempat seperti stasiun, bandara, pos di jalur mudik, bahkan pusat vaksinasi masih buka di malam hari bagi calon pemudik yang sedang berpuasa,” terang dia, Rabu (27/4).

Penanganan di lapangan pun perlu menjadi perhatian, baik saat arus mudik dan arus balik. Kabag Ops Korlantas Polri, Kombes Pol Eddy Djunaedi menyampaikan, untuk mengurai kepadatan akan dilakukan rekayasa lalu lintas ganjil genap dan one way.

“Pelaksanaan rekayasa lalu lintas ini akan dilakukan bertahap dan merupakan langkah antisipasi kemacetan yang akan berdampak luas bagi masyarakat, yang akan dilaksanakan mulai tanggal 28 April hingga 1 Mei 2022, kemudian untuk arus balik dimulai dari tanggal 6 Mei hingga 8 Mei 2022,” kata dia.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dalam hal ini turut mendukung pelaksanaan ini dengan menyediakan layanan mudik gratis serta pos pelayanan di rest area dan jembatan timbang. Apalagi, diprediksi jumlah masyarakat yang akan mudik berhumlah 85,5 juta jiwa yang menggunakan mobil, sepeda motor, angkutan umum, pesawat dan kereta api.

“Pengemudi dianjurkan untuk beristirahat setiap 4 jam demi menjaga kewaspadaan dan kesehatan pengemudi. Pemerintah juga menerapkan pembatasan angkutan barang untuk mengantisipasi kemacetan di jalan tol dan arteri,” tutup Koordinator Kelompok Manajemen Lalu Lintas Jalan Kementerian Perhubungan, Desi Waluyanti.



#Booster #dan #Rekayasa #Lalu #Lintas #Jadi #Perhatian #Kesuksesan #Mudik

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.