Bongkar Pembalakan Liar, Kombes Kurniadi dan Timnya Raih Presisi Award

  • Share
alexametrics

Radartarakan.co.id – Salah satu kejahatan yang cukup kusut dan rumit di Indonesia adalah pembalakan liar. Namun berkat kegigihannya Kasubdit III Direktorat Tindak Pidana Tertentu (Ditipidter) Bareskrim Polri Kombes Pol Kurniadi berhasil membongkar kasus pembalakan liar di Kalimantan Tengah. Atas prestasi tersebut, Kurniadi mendapatkan penghargaan Presisi Award.

Penghargaan Presisi Award diberikan oleh Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi). Direktur Eksekutif Lemkapi Edi Hasibuan mengatakan, Kombes Pol Kurniadi dan timnya mendapatkan penghargaan tersebut karena berhasil menangani perkara pembalakan liar atau illegal logging di Kalimantan Tengah.

“Kami melihat Kombes Pol Kurniadi dan anggotanya sangat tegas dalam penegakan hukum,” kata Edi dalam keterangannya Jumat (27/5). Edi yang juga mantan anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) itu mengatakan, kasus illegal logging yang ditangani Kurniadi dan tim ini memang cukup berliku. Pelaku bahkan sempat melarikan diri dan masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).

“Tim kemudian melakukan penelusuran dan meringkus pelaku yang sebelumnya sempat berpindah-pindah persembunyian di Kalimantan Selatan,” ungkap pria yang juga pakar Hukum Ilmu Kepolisian dari Universitas Bhayangkara, Jakarta itu. Menurut dia, pembalakan liar sangat meresahkan dan merugikan negara, masyarakat, dan lingkungan hidup.

Edi berpesan, kasus pembalakan liar harus diusut tuntas. Sebab adanya kasus illegal logging jika dibiarkan akan membuat kebijakan hijau dan tujuan pembangunan berkelanjutan akan susah dicapai.

Edi menyebut keberhasilan Kombes Pol Kurniadi menangani kasus pembalakan liar juga berkat kreativitasnya dalam melakukan penyidikan. Selama melakukan penyidikan Kombes Pol Kurniadi berbasis hukum Undang-Undang Nomor 8/2010 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

Editor : Kuswandi

Reporter : Hilmi Setiawan



#Bongkar #Pembalakan #Liar #Kombes #Kurniadi #dan #Timnya #Raih #Presisi #Award

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.