BIN Resmikan 2 Fasilitas, Medical Intelijen dan Smart Campus STIN

  • Share
BIN Resmikan 2 Fasilitas, Medical Intelijen dan Smart Campus STIN

Radartarakan.co.id – Badan Intelijen Negara (BIN) terus bertransformasi menjadi lini terdepan keamanan negara. Melalui peresmian fasilitas teknologi Medical Intelligence dan pengembangan Smart Campus Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN), BIN menegaskan kepiawaiannya dengan mengusung teknologi 4.0.

BIN meresmikan dua fasilitas dengan teknologi canggih yaitu Medical Intelligence ‘Wangsa Avatar’ BIN dan Smart Campus ‘’Dr. (HC) Ir. Soekarno” di lingkungan STIN, Bogor, Jawa Barat, pada Senin (30/5). Selain itu, sekaligus melantik taruna mula angkatan 18 Asta Dasa Mahasura.

Peresmian dan pelantikan dihadiri Megawati Soekarnoputri selaku inspektur upacara, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco, Ketua Komisi 1 Meutia Hafidz, Menteri Koordinator Politik Hukum dan HAM (Menkopolhukam) Machfud MD, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly, Menteri Bapenas Suharso Monoarfa, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Kemudian, Panglima TNI Jenderal Andhika Perkasa beserta seluruh kepala Staf, Jenderal Purn Hendro Priyono, Marsekal TNI Purn Chappy Hakim, serta tamu undangan lain.

Kepala BIN Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan mengatakan, pengembangan smart campus STIN bisa dilihat dari lahan total mencapai 15 hektar. Fasilitas dengan tingkat teknologi canggih juga diterapkan di smart kampus STIN ini. “Sebagai sekolah tinggi intelijen yang memiliki beberapa fase menuju one of leading intelligence university in Asia 2035. Maka, untuk mewujudkan hal tersebut, BIN membangun smart campus yang mengimplementasikan teknologi digital,” ucap Budi Gunawan.

“Peresmian smart campus Dr. (HC) Ir. Soekarno juga sebagai salah satu bentuk implementasi kami. Dimana BIN dituntut bekerja lebih keras, smart, cepat, tepat, akurat, dan lebih kuat,” jelasnya.

Di dalam smart campus sendiri terdapat smart class yang dilengkapi dengan smart board dan LED untuk presentasi materi pembelajaran. Kemudian, smart library yang memungkinkan proses peminjaman literatur tercatat secara digital dan bisa mengakses ratusan ribu e-book secara online, termasuk di Perpustakaan Nasional (Perpusnas) hingga dari koleksi pribadi Kepala BIN.

Setidaknya ada delapan laboratorium berteknologi terdepan, di antaranya laboratorium nuklir, bio molekuler, virtual chemical, siber, IT and Economic Intelligence, hingga laboratorium bahasa dan simulator berbagai perangkat termasuk intelligence drone.



#BIN #Resmikan #Fasilitas #Medical #Intelijen #dan #Smart #Campus #STIN

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.