Besok Ada Fenomena Alam Bulan Purnama Rusa Super, Simak Jadwalnya

  • Share
Jawapos TV

Radartarakan.co.id – Masyarakat Indonesia yang hendak menyaksikan fenomena alam langka tampaknya harus siap-siap. Pasalnya masyarakat Tanah Air akan kebagian menyaksikan fenomena alam Purnama Rusa Super yang menyambangi Indonesia pada 14 Juli 2022 besok. Hal ini sekaligus menjadi fenomena ketiga dari tiga fenomena bulan yang terjadi mulai 14 Juni 2022 yang lalu.

Adapun fenomena alam alam yang akan terjadi adalah Bulan Purnama Rusa Super atau Full Buck Supermoon, mengikuti dua fenomena sebelumnya yaitu Purnama Stroberi Super (Full Strawberry Supermoon) dan Bulan Baru Stroberi Mikro (New Strawberry Micromoon).

Andi Pangerang dari Pusat Riset Antariksa BRIN menerangkan, Purnama Stroberi adalah Bulan Purnama yang terjadi pada bulan Juni, sementara Purnama Rusa berlangsung pada Juli. Namun demikian, penamaan ini bukan berarti Bulan menjadi berwarna kemerahan dan agak lancip di ujungnya seperti stroberi.

Sama halnya dengan nama Purnama Rusa, berarti Bulan jadi muncul tanduk di permukaannya seperti rusa. Nama tersebut muncul karena dalam The Farmer’s Almanac (Almanak Petani Amerika), buah stroberi dipanen pada bulan Juni dan rusa jantan muda mulai tumbuh tanduk di bulan Juli.

Kemudian, yang membuatnya istimewa adalah Purnama Stroberi dan Purnama Rusa kali ini akan bertepatan dengan Bulan Purnama Super (Full Supermoon atau teknisnya disebut Perigeal Full Moon/Purnama Perige).

“Fenomena alam ini terakhir kali terjadi pada tahun 2004 dan 2013, sehingga ini terjadi setiap sembilan tahun sekali. Fenomena alam ini akan terjadi lagi di tahun 2031 dan 2040,” terang Andi dikutip dari laman resmi Edukasi Sains BRIN.

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Rian Alfianto



#Besok #Ada #Fenomena #Alam #Bulan #Purnama #Rusa #Super #Simak #Jadwalnya

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.