Balai TN Tesso Nilo-BBKSDA Riau Berupaya Setop Konflik Gajah-Manusia

  • Share
Balai TN Tesso Nilo-BBKSDA Riau Berupaya Setop Konflik Gajah-Manusia

Radartarakan.co.id – Konflik gajah dengan manusia atau masyarakat berupaya disetop. Hal ini dilakukan Balai Taman Nasional (TN) Tesso Nilo dan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau serta Yayasan TN Tesso Nilo.

“Salah satu upaya penanganan baru-baru ini adalah dengan melakukan penggiringan kelompok gajah sebanyak 3 ekor menuju habitatnya di lansekap Tesso Nilo,” kata Kepala Balai TN Tesso Nilo, Heru Sutmantoro kepada media di Pekanbaru, Riau, Minggu (17/7) dikutip dari Antara.

Dia mengatakan dalam upaya petugas mengatasi konflik gajah dengan masyarakat memang menghadapi sejumlah kendala di lapangan, antara lain masalah utama karena lokasi yang merupakan daerah rawa selain itu kurangnya dukungan masyarakat setempat atau pemilik kebun.

Heru menyampaikan lebih lanjut, apabila langkah penggiringan dalam waktu dekat tidak berhasil maka dilakukan evakuasi.

“Evakuasi dilakukan dengan analisis dan pertimbangan yang matang, termasuk tempat kegiatan agar evakuasi berjalan lancar dan sukses,” katanya.

Ia mencontohkan pada Jumat (15/7), Tim Operasi Penanganan Konflik Gajah menyisir keberadaan gajah liar yang berada di areal perkebunan sawit masyarakat di Dusun Rantau Baru, Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Riau.



#Balai #Tesso #NiloBBKSDA #Riau #Berupaya #Setop #Konflik #GajahManusia

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.