Bahas Persiapan Pemilu 2024, Anggota DPR Akui Anggaran Belum Final

  • Share
Bahas Persiapan Pemilu 2024, Anggota DPR Akui Anggaran Belum Final

Radartarakan.co.id – Komisi II DPR RI bersama dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan penyelenggara Pemilu dalam hal ini KPU, Bawaslu dan DKPP melakukan konsinyering dalam rangka membahas persiapan Pemilu 2024. Kegiatan ini dilakukan pada 13-15 Mei 2022.

“Ada beberapa agenda yang dibahas dalam rapat konsindering ini. Di antaranya melakukan penyempurnaan atas rancangan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) terkait tahapan, program, dan jadwal Pemilu 2024. Termasuk juga membahas lebih detil terkait aspek anggaran yang dinilai masih jumbo,” kata Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus, Jumat (13/5).

Komisi II dan Pemerintah terus meminta KPU serta Bawaslu untuk mengefisienkan anggaran dari pengajuan awal sebesar Rp 86 triliun. Terakhir sudah di rasionalisasi menjadi sekitar Rp 76 triliunan. Meski demikian, kata Guspardi, anggaran penyelenggaraan Pemilu 2024 belum disepakati hingga saat ini.

“Kemudian soal lamanya durasi masa kampanye juga belum disepakati oleh KPU, pemerintah maupun DPR,” ujar Politisi PAN ini.

Legislator asal Sumatera Barat itu menjelaskan, KPU mengusulkan kampanye berlangsung 120 hari dan pemerintah ingin 90 hari. Sementara sejumlah fraksi Komisi II mengusulkan masa kampanye yang lebih singkat yaitu sekitar 60-75 hari.

“Tujuannya, memberikan efektivitas dan efisiensi terhadap tahapan, pengadaan dan penyebaran logistik,” ujar Guspardi.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Muhammad Ridwan



#Bahas #Persiapan #Pemilu #Anggota #DPR #Akui #Anggaran #Belum #Final

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *