Asita Sarankan Dijual Tiket Tambahan untuk Ke Puncak Candi Borobudur

  • Share
alexametrics

Radartarakan.co.id – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengumumkan wacana kenaikan tarif tiket masuk Candi Borobudur. Bahkan, akan ada juga pembatasan kunjungan, yakni 1.200 orang per hari.

Mengenai hal itu, Ketua Umum Asosiasi Travel Indonesia (Asita) Nunung Rusmiati mengatakan bahwa mendukung wacana tersebut. Sebab, itu dapat menjaga kelestarian dan budaya Borobudur itu sendiri.

“Ini sangat penting. Selama ini kan mungkin tidak pernah terpikirkan carying capacity (daya dukung) Borobudur itu berapa. Ini harus diperhitungkan matang-matang,” tutur Nunung kepada Radartarakan.co.id, Minggu (5/6).

Menurutnya, ini juga bisa ditambah dengan pembatasan pengunjung naik ke puncak Candi Borobudur dengan menjual tiket tambahan. Sementara wisatawan yang hanya sekadar berkunjung atau berswafoto ria tidak perlu naik, sehingga keberadaan Candi Borobudur akan lebih terjaga.

“Akan menjadi lebih bagus untuk pengunjung yang akan naik ke puncak dibatasi dengan memberakukan tiket yang terukur sehingga wisatawan yang benar-benar tertarik dan ingin mengetahui lebih dekat saja yang akan naik,” jelasnya.

Dalam hal ini, menurutnya perlu dilakukan kajian lebih mendalam. Seluruh stakeholder perlu diajak dalam membahas pariwisata dengan konsep elektrifikasi seperti yang akan dilakukan di Candi Borobudur.

“Sudah waktunya destinasi prioritas atau unggulan mendapatkan tempat dan harga yang pantas di dunia pariwisata kita,” serunya.



#Asita #Sarankan #Dijual #Tiket #Tambahan #untuk #Puncak #Candi #Borobudur

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *