Arus Balik, Polisi Terapkan One Way Trans Jawa-Cikampek Mulai Jumat

  • Share
Arus Balik, Polisi Terapkan One Way Trans Jawa-Cikampek Mulai Jumat

Radartarakan.co.id – Arus balik lebaran dalam jumlah cukup besar kemungkinan terjadi mulai hari ini Jumat (6/5) dan puncaknya pada Minggu (8/5) mendatang.

Untuk mengurai kemacetan, polisi mengumumkan akan menerapkan rekayasa lalu lintas one way Tol Trans Jawa dari Gerbang Tol Kalikangkung Km 414 hingga Tol Cikampek Km Km 47 pada hari ini.

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo melalui keterangan tertulisnya mengungkapkan, pihaknya akan mulai memberlakukan one way mulai siang ini pada pukul 14.00 WIB sampai pukul 24.00 di Tol Trans Jawa-Tol Cikampek.

“Pelaksanaan one way hari ini mulai pukul 14.00 WIB, dari Km 414 Kalikangkung sampai Km 47,” kata Irjen Dedi Prasetyo, Jumat (6/5).

Selain itu, polisi juga akan menerapkan rekayasa lalu lintas contraflow dari mulai Km 47 hingga Km 28+500 Tol Cikampek mengarah Jakarta. Ini Informasi ini dikeluarkan dan diperbaharui tadi pagi sekitar pukul 09.30 WIB.

Pemberlakukan one way ini sifatnya sangat situasional dan bisa saja berubah sewaktu-waktu menyesuaikan dengan situasi di lapangan. Bukan hanya hari ini saja, pemberlakuan one way juga akan diterapkan pada Sabtu (7/5) dan Minggu (8/5) mendatang yang diprediksi akan menjadi puncak arus balik lebaran Tahun ini.

Pembersihan jalur

Sementara itu, Kabag Ops Korlantas Polri Eddi Junaedi menyampaikan, kepolisian telah melaksanakan pembersihan jalur one way pada pukul 12.00 WIB pada arus balik km 414 Kalikangkung sampai km 47 atau sampai Gerbang Tol (GT) Halim.

“Polri sudah melaksanakan pembersihan jalur one way pada jam 12.00 dari. Adapun pelaksanaan One Way tersebut akan dimulai pada jam 14.00 WIB,” ujarnya kepada wartawan, Jumat (6/5).

Sementara, PT Jasamarga Related Business (JMRB), bersama dengan mitra pengelola rest area lainnya di ruas jalan tol Jasa Marga Group, telah berkoordinasi dengan pihak Kepolisian untuk melakukan sistem rekayasa buka atau tutup pada saat pelaksanaan arus balik Idulfitri 1443 H/2022.

Buka Tutup Rest Area

General Manager Perencanaan dan Pengendalian Operasional PT JMRB Meta Herlina Puspitaningtyas menjelaskan, penerapan rekayasa buka atau tutup akan dilakukan guna mengurai kepadatan di dalam rest area, terutama jika sedang dilakukan rekayasa lalu lintas one way di ruas jalan tol.

Menurutnya, rest area yang dilakukan buka atau tutup adalah rest area yang berpotensi menimbulkan titik-titik kepadatan di jalan tol arah Jakarta. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan efektivitas rekayasa lalu lintas one way.

“Atas diskresi Kepolisian, kami masih melakukan rekayasa buka/tutup rest area di jalan tol arah Jakarta secara situasional, terutama saat terjadi kepadatan di rest area selama rekayasa lalu lintas one way berlangsung,” ungkapnya.

Selain dengan pihak Kepolisian, PT JMRB juga akan berkoordinasi dengan Mitra Pengelola Rest Area dan Representative Office Jasa Marga terkait rekayasa buka atau tutup rest area selama arus balik kali ini.

“Selain rekayasa buka/tutup, kami juga melakukan sejumlah skema rekayasa arus lalu lintas di dalam rest area jika diterapkan sistem one way di ruas jalan tol. Sebab, jika sedang diterapkan sistem one way, arus kendaraan di rest area pun otomatis berubah. Dengan adanya perubahan tersebut, kami telah melakukan antisipasi agar tidak terjadi kepadatan di dalam rest area,” ujarnya.

Meta menambahkan, saat penerapan sistem one way dan buka atau tutup rest area, PT JMRB telah menambah penyediaan sarana perambuan, rubber cone, dan water barrier, serta menambah personel keamanan dan pengatur lalu lintas di rest area.

Ia juga mengimbau pengguna jalan untuk memanfaatkan waktu istirahat di rest area sesuai dengan kebutuhan, agar dapat bergantian dengan pengguna jalan lainnya. Meta juga meminta pengguna jalan untuk memastikan kecukupan BBM dan saldo uang elektronik agar memaksimalkan waktu istirahat di rest area.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Abdul Rahman, Romys Binekasri



#Arus #Balik #Polisi #Terapkan #Trans #JawaCikampek #Mulai #Jumat

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *