Arus Balik, Lalu Lintas Arah Merak Menuju Jakarta Terpantau Normal

  • Share
Arus Balik, Lalu Lintas Arah Merak Menuju Jakarta Terpantau Normal

Radartarakan.co.id – Puncak arus balik libur Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah diprediksi terjadi mulai hari ini, Jumat (6/5) hingga Minggu, (8/5) mendatang. Pasalnya, cuti bersama akan berakhir pada Senin (8/5), sehingga para pekerja dan Aparatur Sipil Negara (ASN) diwajibkan sudah kembali bekerja pada hari tersebut.

Untuk menghindari penumpukan, para pemudik sebagian sudah ada yang mengarah ke kota tujuan masing-masing. Dari pulau Sumatera menuju jawa via Pelabuhan Bakauheni ke Merak, eskalasi pemudik yang menyebrang juga dilaporkan sudah mengalami peningkatan.

Kendati demikian, ruas tol dari Gerbang Tol (GT) Cikupa ke arah Jakarta tampak masih normal. Pantauan Radartarakan.co.id dari GT Cikupa menuju Karang Tengah, situasi lalu lintas (lalin) memang terlihat mengalami peningkatan dibandingkan dengan beberapa hari lalu saat para pemudik sudah tiba di kampung halaman masing-masing.

Sepanjang ruas tol ini sampai menuju ke simpang Tomang baik ke arah Jakarta atau keluar menuju wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah atau menuju ke arah Timur, situasi lalin ramai namun lancar. Tampak juga ruas tol ini didominasi mobil yang membawa muatan di atas atap, hal yang lumrah dilakukan para pemudik saat menempuh perjalanan jauh.

Mengantisipasi kepadatan di GT Cikupa, kepolisian juga telah menyiapkan rekayasa lalu lintas saat puncak arus balik. Apabila terjadi kepadatan di ruas tersebut, polisi akan memberlakukan contraflow ke arah Tangerang.

Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Shinto Silitonga menerangkan, jika kemacetannya ternyata panjang maka kendaraan dari arah Merak menuju Tangerang akan dikeluarkan sebelum GT Cikupa untuk kemudian melalui jalur arteri.

Polda Banten akan menerapkan tiga skenario rekayasa lalu lintas selama arus balik Idul Fitri 1443 H dari Pelabuhan Merak hingga ke GT Cikupa. “Jalur hijau ketika situasi normal, jalur kuning ketika terjadi kepadatan. Jika ada kepadatan di GT Cikupa secara signifikan, kita akan berubah jadi skenario merah,” kata Shinto kepada wartawan.

Saat ini, kepolisian sendiri belum merencanakan untuk membuka seluruh Gerbang Tol Merak ke arah Tangerang jika terjadi kepadatan saat arus balik.



#Arus #Balik #Lalu #Lintas #Arah #Merak #Menuju #Jakarta #Terpantau #Normal

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.