Antisipasi Penularan PMK, Aparat Putar Balik Angkutan Pembawa Ternak

  • Share
Antisipasi Penularan PMK, Aparat Putar Balik Angkutan Pembawa Ternak

Radartarakan.co.id – Lalu lintas hewan ternak diawasi secara ketat menyusul merebaknya penyakit mulut dan kuku (PMK). Terutama di wilayah-wilayah yang berbatasan dengan daerah terjangkit PMK.

Di Sidoarjo, misalnya. Satgas Pangan Sidoarjo membatasi akses pengiriman ternak dari dan ke luar Sidoarjo untuk mengantisipasi persebaran PMK pada ternak. Polresta Sidoarjo melakukan penyekatan angkutan pembawa ternak berkuku belah mulai kemarin (11/5). Petugas stand by di batas kota seperti di Kecamatan Balongbendo dan Tarik.

Para pengemudi yang membawa ternak, baik dengan pikap maupun truk, diminta putar balik.

Kapolresta Sidoarjo Kombespol Kusumo Wahyu Bintoro mengatakan, pihaknya menghentikan beberapa pengemudi sekaligus menyosialisasikan bahwa pengiriman ternak masuk dan keluar kota kini dibatasi. ”Kami bersama TNI dan dinas berupaya maksimal dalam penanganan wabah virus PMK ini agar tidak semakin menyebar,” kata Kusumo.

Di Bojonegoro, hari ini (12/5) Pasar Hewan Bojonegoro tetap buka. Namun, petugas gabungan akan menyekat lalu lintas sapi dari luar kota, terutama Kabupaten Lamongan. Sebagaimana diketahui, Lamongan termasuk wilayah yang sudah ditemukan PMK pada ternak. Di sisi lain, belum ditemukan ternak sapi di Bojonegoro yang terdeteksi mengidap PMK.

”Kami melakukan (penyekatan) di wilayah perbatasan seperti di Kecamatan Baureno. Ternak dari Lamongan tidak boleh masuk dan diminta kembali,” kata Kabid Kesehatan Hewan Dinas Peternakan dan Perikanan Bojonegoro Sugiharti Sri Rahayu seperti dilansir Radar Bojonegoro kemarin.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : uzi/irv/rij/vad/ori/ron/her/c1/isd/riq/c19/c7/fal



#Antisipasi #Penularan #PMK #Aparat #Putar #Balik #Angkutan #Pembawa #Ternak

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.