Antisipasi Kepadatan Arus Balik di Tol, One Way Diberlakukan 47 Jam

  • Share
Jasa Marga dukung One Way dari GT Cikampek Hingga Kalikangkung

Radartarakan.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengimbau masyarakat untuk mengatur jadwal balik. Usahakan kembali lebih awal atau sebelum puncak arus balik yang diperkirakan dimulai Jumat (6/5) sampai Minggu (8/5) ini. Imbauan itu disampaikan untuk menghindari kemacetan berjam-jam di jalanan.

Hal tersebut dilontarkan Presiden Jokowi dari Gedung Agung, Istana Kepresidenan Jogjakarta, Selasa (3/5). ”Setelah kita merayakan Hari Raya Idul Fitri di kampung halaman, tentu kita akan kembali ke tempat masing-masing untuk bekerja,” katanya.

Namun, Jokowi menyadari bahwa para pekerja harus mendapatkan izin dari atasan masing-masing jika ingin kembali setelah Minggu.

Untuk mengurai kemacetan saat arus balik, pemerintah akan melakukan strategi yang sama dengan penanganan arus mudik. Yakni menerapkan kebijakan ganjil genap di tol dan jalan satu arah atau one way. ”Kemudian, larangan truk masuk jalan tol akan tetap diberlakukan,” ujarnya.

Jokowi menegaskan bahwa seluruh kebijakan itu dibuat untuk kenyamanan dan keselamatan masyarakat. Korlantas Polri telah menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk arus balik seusai Idul Fitri. ”Pada 6, 7, dan 8 (Mei 2022) itu akan terjadi puncak arus balik yang cukup tinggi,” terang dia.

Hal senada disampaikan Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo. Dia menjelaskan, one way dan contraflow bakal diterapkan mulai 6 sampai 9 Mei di jalan tol trans-Jawa. Berlaku dari gerbang tol (GT) Kalikangkung di Kilometer 414 sampai GT Halim di Km 3.500.

Waktu penerapannya pun telah diatur. Pada 6 Mei, one way dilaksanakan mulai pukul 14.00 sampai 24.00 (10 jam). Mulai GT Kalikangkung sampai Km 47 di Cikampek. ”Diteruskan contraflow sampai dengan Km 28.500,” bebernya.

Editor : Edy Pramana

Reporter : (wan/syn/tau/c9/oni)



#Antisipasi #Kepadatan #Arus #Balik #Tol #Diberlakukan #Jam

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.