Anggota KST Sempat Kokang Senjata, Akhirnya Dibekuk Petugas

  • Share
Anggota KST Sempat Kokang Senjata, Akhirnya Dibekuk Petugas

Radartarakan.co.id – Upacara ritual bakar batu di Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, nyaris ricuh. Seorang anggota kelompok separatis teroris (KST) mendadak mengeluarkan senjata api. Untung, sebelum aksi teror itu berujung petaka, aparat Polda Papua berhasil meringkus pria berinisial L tersebut.

Informasi yang diterima Jawa Pos, anggota KST berinisial L itu menyamar sebagai warga biasa yang mengikuti ritual bakar batu. Di kalangan warga Papua, upacara bakar batu merupakan ritual untuk mengungkap rasa syukur kepada pemberi kehidupan atas karunia yang diberikan. Biasanya dilakukan dengan cara memasak bersama. Bakar batu juga menjadi ajang silaturahmi untuk saling mempererat persahabatan sesama etnis di Papua.

Nah, di tengah acara, L mengeluarkan senjata laras pendek. Lalu, dia mengokangnya. Suara kokangan itu terdengar petugas. Dengan lantang, seorang petugas berteriak memperingatkan L. Teriakan tersebut mengagetkan L. Dia lalu berupaya melarikan diri. Petugas mengejarnya. Sempat terjadi baku tembak. Namun, pelaku bisa dibekuk petugas.

Kabidhumas Polda Papua Kombespol A.M. Kamal membenarkan adanya kejadian tersebut. Namun, dia belum bersedia mengungkapkan secara gamblang. “Kasus itu akan dirilis Kapolda Irjen Mathius D. Fakiri,” paparnya.

Informasinya, L adalah anggota KST pimpinan Lekagak Talenggen. Kelompok tersebut paling aktif dalam melakukan aksi teror. Pengamat terorisme Al Chaidar mengatakan, kinerja petugas yang mampu mendeteksi dan mencegah aksi KST itu perlu diapresiasi. Meski begitu, perlu lebih waspada dalam mencegah kejadian penembakan dalam sebuah acara masyarakat. “Perlu diperketat agar anggota KST tidak bisa menyamar menjadi warga biasa,” katanya.

Dia menambahkan, setiap kejadian penembakan itu, selain membuat jatuh korban, juga memberikan efek psikologis. Masyarakat jelas ketakutan. Namun, bagi KST, justru kejadian itu bisa memberikan semangat untuk melakukan aksi. “Karena itu, harus benar-benar dicegah,” tegasnya.



#Anggota #KST #Sempat #Kokang #Senjata #Akhirnya #Dibekuk #Petugas

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.