Anggota DPR Ingatkan Skandal ACT Bisa Lunturkan Kepercayaan Publik

  • Share
Anggota DPR Ingatkan Skandal ACT Bisa Lunturkan Kepercayaan Publik

Radartarakan.co.id – Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto meminta aparat penegak hukum menindak tegas oknum-oknum yang terlibat dalam dugaan penyelewengan dana yang dikelola lembaga filantropi Aksi Cepat Tanggap (ACT). Menurut Yandri, jika tidak dijatuhkan sanksi, presden tersebut dapat menghilangkan kepercayaan publim kepada lembaga sosial.

“Saya khawatir trust atau kepercayaan masyarakat yang punya kepedulian sosial dapat menjadi lemah ataupun hilang, karena kalau uang mereka disalahgunakan berarti tidak sampai pada tujuan. Nah, jangan sampai tafsir masyarakat seperti itu,” kata Yandri kepada wartawan, Selasa (5/7).

Yandri mengatakan, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) harus melakukan audit dengan tujuan tertentu. Sebab dana yang dikelola ACT tidak sedikit, berasal dari masyarakat yang memiliki jiwa sosial tinggi. Kementerian Sosial juga harus dilibatkan, karena itu memang ranah lembaga tersebut.

Kementerian Sosial, lanjut Yandri, harus turun tangan mengatasi permasalahan itu. Lembaga yang dipimpin oleh Tri Rismaharani alias Risma itu diminta membuat aturan yang jelas mengenai penggalangan dana sosial, meliputi kewajiban dan hak-hak yayasan tersebut.

Selain itu, Kementerian Sosial juga harus membuat aturan yang rinci menyangkut masalah sanksi, terhadap yayasan maupun individu yang menyelewengkan dana sosial.

“Dengan begitu, keterlibatan atau kepedulian maayarakat bisa terjaga dengan baik, jangan gara-gara oknum beberapa yayasan atau oknum beberapa individu, membuat jiwa gotong royong atau jiwa sosial publik menjadi terganggu atau bisa juga hilang,” tegas Yandri.

Editor : Dinarsa Kurniawan

Reporter : Muhammad Ridwan



#Anggota #DPR #Ingatkan #Skandal #ACT #Bisa #Lunturkan #Kepercayaan #Publik

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *