Airlangga Ungkap Strategi Percepatan Pembangunan Ekonomi Jawa Tengah

  • Share
99 Persen Masyarakat di Jawa Miliki Kekebalan Covid-19

Radartarakan.co.id – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa pemerintah terus mendukung pemulihan eknomi dan akselerasi perekonomian di Jawa Tengah. Namun, itu tentu memerlukan berbagai upaya strategis yang melibatkan pemerintah pusat dan daerah.

Adapun, berbagai upaya dalam mendorong percepatan pembangunan ekonomi kawasan di Jawa Tengah telah tercantum dalam Perpres Nomor 79 Tahun 2019. Dalam beleid itu, terdapat catatan untuk percepatan pembangunan ekonomi kawasan Kendal-Semarang-Salatiga-Demak-Grobogan, Kawasan Purworejo-Wonosobo-Magelang-Temanggung serta Kawasan Brebes Tegal-Pemalang.

Ia pun telah memberikan beberapa arahan strategis kepada kementerian atau lembaga terkait untuk mempercepat penyelesaian proyek dan menyelesaikan berbagai permasalahan dalam pelaksanaan proyek. “Upaya akselarasi penyelesaian proyek-proyek di Jawa Tengah hingga tahun 2024, serta memastikan ketersediaan alokasi anggaran pada kementerian/lembaga dan pemerintah daerah,” ujarnya, Kamis (12/5).

Untuk proyek strategi tersebut, antara lain adalah proyek Pipa Gas Transmisi Cirebon-Semarang yang telah dialokasikan pendanaan hingga tahun 2023 oleh Kementerian ESDM sebesar Rp 1,2 triliun “Diarahkan agar Kementerian ESDM segera menyelesaikan pembangunan di tahun 2023,” imbuhnya.

Selanjutnya, pembangunan Jalan Tol Ruas Bawen-Yogya dan pembangunan Jalan Tol Ruas Solo-Yogya telah dialokasikan pendanaan pengadaan tanahnya melalui LMAN pada tahun 2022 senilai Rp 6,5 triliun. Dirinya pun meminta agar kebutuhan sisa dana pengadaan tanah dapat diselesaikan pada 2023, untuk itu pembangunan konstruksi dapat rampung pada 2024 atau maksimal 2025.

Tidak hanya itu, kata dia, pembangunan Bendung Gerak Karangnongko di wilayah Jateng juga perlu dilakukan percepatan pembebasan lahan oleh pemda, terutama di tahun 2022 dapat dilaksanakan untuk badan bendungannya sehingga Kementerian PUPR dapat mengalokasikan konstruksi mulai tahun 2023.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Saifan Zaking



#Airlangga #Ungkap #Strategi #Percepatan #Pembangunan #Ekonomi #Jawa #Tengah

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *