Ada 4 Kasus Omicron BA.4 dan BA.5 di Indonesia, Gejalanya Badan Pegal

  • Share
Positif Covid-19 Tambah 395 Orang dalam Sehari, Meninggal 23 Jiwa

Radartarakan.co.id – Kasus Covid-19 di sejumlah negara kembali naik, salah satunya Indonesia. Catatan Satgas Covid-19, kasus aktif naik 30 persen. Rupanya subvarian baru Omicron BA.4 dan BA.5 telah terdeteksi di Indonesia.

Subvarian tersebut diketahui memiliki tingkat kesakitan rendah pada pasien yang terkonfirmasi positif. Varian itu merupakan subvarian dari varian sebelumnya.

Data Kementerian Kesehatan menyebutkan ada 4 kasus subvarian baru BA.4 dan BA.5 pertama yang dilaporkan di Indonesia pada 6 Juni 2022. Empat 4 kasus itu terdiri dari 1 orang positif BA.4 seorang WNI dengan kondisi klinis tidak bergejala serta vaksinasi sudah dua kali.

Sisanya 3 orang kasus positif BA.5. Mereka merupakan pelaku perjalanan luar negeri delegasi pertemuan the Global Platform for Disaster Risk Reduction di Bali pada 23 sampai 28 Mei.

Bagaimana Gejalanya?

Kondisi klinis 3 orang itu antara lain dua orang tidak bergejala dan 1 orang gejala ringan dengan sakit tenggorokan dan badan pegal. Mereka rata-rata sudah vaksin Booster bahkan sampai ada yang 4 kali divaksin Covid-19.

“Di tingkat global secara epidemiologi subvarian BA.4 sudah dilaporkan sebanyak 6.903 sekuens melalui GISAID,” kata Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI dr. Mohammad Syahril, Sp.P, MPH secara resmi baru-baru ini.

Laporan tersebut berasal dari 58 negara dan ada 5 negara dengan laporan BA.4 terbanyak, antara lain Afrika Selatan, Amerika Serikat, Britania Raya, Denmark, dan Israel. Sedangkan BA.5 sudah dilaporkan sebanyak 8.687 sekuens dari 63 negara. Ada 5 negara dengan laporan sekuens terbanyak yaitu Amerika, Portugal, Jerman, Inggris, dan Afrika Selatan.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Marieska Harya Virdhani



#Ada #Kasus #Omicron #BA4 #dan #BA5 #Indonesia #Gejalanya #Badan #Pegal

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.