Indeks

Ada 35 Barang Milik Pemudik Yang Ketinggalan di Kereta dan Stasiun

  • Share
Ada 35 Barang Milik Pemudik Yang Ketinggalan di Kereta dan Stasiun

Radartarakan.co.id – Pada masa mudik lebaran tahun ini, ada peningkatan yang tinggi untuk jumlah pemudik yang menggunakan jasa kereta api. PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 1 Jakarta mencatat, untuk jadwal keberangkatan 22 April hingga 1 Mei 2022 terdapat sekitar 320 ribu tiket yang sudah terjual dengan tanggal keberangkatan favorit 27, 28, 29, 30 April dan 1 Mei 2022.

Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan, tingginya volume pada masa angkutan mudik juga berdampak pada meningkatnya jumlah data barang tertinggal yang diamankan petugas. Pihaknya pun mengoptimalkan fungsi layanan lost and found untuk mengelola barang penumpang tertinggal yang berhasil diamankan petugas.

“Pada periode angkutan lebaran 22 April hingga kini tercatat sebanyak 35 barang tertinggal berhasil diamankan petugas,” ujarnya dalam keterangannya, Kamis (28/4).

Eva menyebut, jumlah tersebut 16 diantaranya sudah kembali ke pemilik. Barang tertinggal yang ditemukan tak jarang merupakan jenis barang berharga seperti laptop, HP, perhiasan, koper atau tas, jam tangan dan dompet.

“Seluruh barang bawaan merupakan tanggung jawab penumpang, namun untuk memberikan layanan maksimal petugas keamanan akan selalu berupaya membantu mengamankan barang tertinggal yang masih ada di atas KA atau Stasiun,” tuturnya.

Bagi para pelanggan yang merasa kehilangan atau tertinggal barang di dalam kereta atau di lingkungan stasiun, dapat melaporkan kepada petugas antara lain Kondektur yang sedang berdinas di atas kereta, ataupun petugas pengamanan Polisi Khusus Kereta Api (Polsuska) yang ada di stasiun atau dapat melalui Contact Center KAI 121.

Apabila ada laporan dari pelanggan mengenai barang bawaan tertinggal, petugas KAI akan melakukan koordinasi dan pencarian, jika dapat ditemukan saat itu juga maka langsung diserahkan kembali kepada pelapor.

“Jika barang belum bisa ditemukan, akan dilakukan konfirmasi melalui telepon kepada pelapor terkait perkembangan penanganannya, jika diketemukan maka untuk proses penyerahan pelanggan wajib menunjukkan kartu identitas dan proses verifikasi kepemilikan barang,” ungkapnya.



#Ada #Barang #Milik #Pemudik #Yang #Ketinggalan #Kereta #dan #Stasiun

Sumber : www.jawapos.com

  • Share
Exit mobile version