Abdul Rasyid Jadi Panglima Armada RI

  • Share
Abdul Rasyid Jadi Panglima Armada RI

KSAL Minta Pemindahan Markas Koarmada I Selesai 5 Desember 2022

Radartarakan.co.id – Perubahan besar kembali terjadi di tubuh Komando Armada Republik Indonesia (Koarmada RI) dan Koarmada II. Melalui upacara serah terima jabatan di Dermaga Sunda, Pangkalan Pondok Dayung, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, kemarin (13/6), Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono mengukuhkan Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid sebagai panglima Koarmada RI dan Laksamana Muda TNI T.S.N.B. Hutabarat sebagai panglima Koarmada II.

Abdul Rasyid yang sebelumnya menjabat asisten perencanaan dan anggaran (Asrena) KSAL bakal mendapat kenaikan pangkat menjadi laksamana madya. Jabatan yang ditinggalkannya diisi Laksamana Muda TNI Iwan Isnurwanto. Sebelumnya, eks pengawak kapal selam itu berdinas di Surabaya sebagai panglima Koarmada II. Untuk menggantikan Iwan, KSAL menunjuk Hutabarat.

Sebagai orang nomor satu di Koarmada RI, Abdul Rasyid akan memegang kendali operasi Angkatan Laut di dalam dan luar negeri. ”Nanti panglima Komando Armada RI yang melaporkan atau di bawah kendali KSAL,” ungkap Yudo setelah memimpin sertijab tersebut. Salah satu tugas penting panglima Koarmada RI adalah mengantisipasi kerawanan strategis di wilayah barat Indonesia seperti perairan barat Sabang, Selat Malaka, Selat Singapura, Laut Natuna, dan Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) I.

Karena itu, sejak Koarmada RI dibentuk dan diresmikan pada awal Februari 2022, TNI-AL langsung merencanakan pemindahan markas Koarmada I dari Jakarta ke Kepulauan Riau. Sementara ini Koarmada RI akan bermarkas di Jakarta. Saat ini, kata Yudo, pemindahan markas tersebut sudah siap dilakukan. ”Nanti 5 Desember (markas Koarmada I) sudah harus pindah ke Tanjungpinang,” tegasnya. Dia memastikan, pemindahan tersebut dilakukan dengan cara-cara yang efektif dan efisien.

Selain membangun fasilitas baru, TNI-AL memanfaatkan sarana dan prasarana yang sudah tersedia di Tanjungpinang. ”Misalnya, prajurit Lantamal IV (Tanjungpinang) yang nanti pindah menjadi staf di Komando Armada I. Sehingga tidak ada pergeseran yang besar,” jelas dia. Sementara itu, Lantamal IV Tanjungpinang pindah markas ke Batam dan personelnya diisi prajurit maupun PNS yang selama ini berdinas di Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Batam.

Khusus di Jakarta, personel Koarmada I bakal mengisi sejumlah posisi yang dibutuhkan Koarmada RI. ”Sehingga lebih efektif dan efisien karena sarana-prasarana sudah memenuhi syarat,” jelas Yudo. Itu termasuk pangkalan kapal perang yang sudah tersedia di wilayah Tanjung Uban.



#Abdul #Rasyid #Jadi #Panglima #Armada

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.