233 Warga Pemilik Lahan Desa Wadas Terima Ganti Untung Rp 335 Miliar

  • Share
233 Warga Pemilik Lahan Desa Wadas Terima Ganti Untung Rp 335 Miliar

Radartarakan.co.id – Sebanyak 233 warga terdampak tambang andesit di Desa Wadas, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo akhirnya menerima ganti untung total senilai Rp 335 miliar. Pembayaran ganti untuk untuk total 296 bidang lahan warga itu dilakukan dalam dua hari, Rabu-Kamis (27-28/4).

“Dengan ini, maka total luasan lahan terdampak tambang andesit Desa Wadas yang yang telah diganti untung adalah 46,6 hektare,” Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Serayu-Opak Dwi Purwantoro di sela-sela pemberian uang ganti kerugian, Rabu.

Dikatakan Dwi, nilai uang ganti itu telah disepakati bersama warga setelah dilakukan proses musyawarah. Sehingga semua proses ganti untung lahan telah diketahui warga. Pihaknya berterima kasih kepada warga yang telah merelakan tanahnya untuk bahan pembangunan kuari Bendungan Bener.

“Jadi tidak ada yang istilahnya tanahnya diambil, terus tidak dibayar, itu tidak ada. Kalau ada isu, warga diminta datang tapi tidak dibayar, itu tidak benar,” tegas dia.

Lebih lanjut dikatakan Dwi, pemerintah juga tidak melakukan pemotongan atau pengurangan dari nilai pembayaran ganti untuk yang diterima warga. Sehingga dipastikan warga menerima sesuai dengan nilai yang tertulis di daftar nominatif.

“Tidak ada pemotongan atau pengurangan satu rupiah pun,” tegasnya.

Kepala BPN Purworejo Andri Kristanto menambahkan, pembayaran uang ganti untung dilakukan dalam dua hari. Hari ini untuk ganti untung telah diberikan kepada 129 warga dengan 162 bidang tanah.

“Besok berlanjut pemberian ganti untung kepada 104 warga untuk 134 bidang lahan,” kata dia.

Dengan adanya bukti pemberian uang ganti hari ini, pihaknya berharap agar seluruh warga Wadas yang terdampak benar-benar yakin dengan keseriusan pemerintah dalam melakukan pembebasan dan membayar uang ganti untung. Bahkan, nilainya lebih besar dibandingkan harga di pasaran.

“Untuk warga yang belum menerima, bisa tergerak untuk membebaskan lahannya seperti warga lain yang pada saat ini menerima uang ganti untung,” papar Andri. (bay/ria)



#Warga #Pemilik #Lahan #Desa #Wadas #Terima #Ganti #Untung #Miliar

Sumber : www.jawapos.com

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *